Hubungan status stress dengan kejadian obesitas

PENGARUH AKTIFITAS FISIK TERHADAP KEJADIAN OBESITAS PADA MURID

Indian J Med Res— Penderita penyakit diabetes mellitus tipe II lebih banyak menyerang seseorang di atas usia 30 tahun Brunner and Suddarth, Tingkat kekambuhan penyakit hipertensi yang relatif tinggi serta rendahnya pendapatan serta kurangnya perhatian terhadap gizi pada masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Gilingan Surakarta yang beraneka ragam membuat peneliti tertarik untuk meneliti hubungan antara status gizi dan pendapatan dengan tingkat kekambuhan penyakit hipertensi di Puskesmas Gilingan Surakarta.

Arab Journal of Nutrition and Exercise 1, 77—84 Dalam menentukan diagnosis diabetes mellitus harus diperhatikan asal bahan dasar darah yang diambil dan cara pemeriksaan yang dipakai.

Kozani Pada penyelidikan yang ada terlihat adanya kecenderungan bahwa masyarakat perkotaan lebih banyak menderita hipertensi dibandingkan masyarakat pedesaan. Usia dan tingkat stres berhubungan dengan kejadian obesitas abdominal pada ibu rumah tangga di Kelurahan Sidotopo.

Obesitas atau kegemukan merupakan faktor resiko yang sering dikaitkan dengan hipertensi. Tabel 1. Study of overweight and obesity and its risk factors among adults in an adopted urban slum area of Government Medical CollegeMiraj. Pada umumnya lebih banyak pria menderita hipertensi dibandingkan dengan perempuan.

Pengaktifan reseptor insulin memicu serangkaian respon intrasel yang mempengaruhi jalur metabolisme sehingga terjadi translokasi unit transpor glukosa ke membran sel yang memudahkan penyerapan glukosa. This study showed that Di Indonesia hasil survei Kesehatan Rumah Tangga SKRT tahun menunjukkan prevalensi penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi di Indonesia cukup tinggi, yaitu 83 per 1.

Sistem simpatis umumnya bersifat katabolik, mengeluarkan energi flight or flight sistem ini meningkatkan frekuensi jantung, mendilatasi bronki, dan mengurangi sekresi. Populasi dalam penelitian ini adalah Wanita usia subur di desa Kedungdowo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus, yang mengalami obesitas sejumlah 29 orang.

Jurnal Doc : artikel hubungan stres dengan kejadian hipertensi pdf 2016

Hasil dari penelitian ini adalah 1 Merokok tidak berperan terhadap kejadian hipertensi diwilayah Puskesmas Penumping Surakarta 2 Stress berperan terhadap kejadian hipertensi diwilayah Puskesmas Penumping surakarta 3 Konsumsi alkohol berperan terhadap kejadian hipertensi diwilayah Puskesmas 9 penumping surakarta 4 Konsumsi garam berperan terhadap kejadian hipertensi di wilayah Puskesmas Penumping Surakarta.

Slavin, J. Obesitas abdominal merupakan salah satu faktor risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler. Obesitas memiliki peran yang kurang baik dalam hal ini yaitu meningkatkan resistensi insulin oleh tubuh, sehingga glukosa yang ada di dalam darah tidak mampu di metabolisme dengan baik oleh sel dan akhirnya terjadi peningkatan glukosa dalam darah, memang resistensi insulin berkaitan dengan obesitas Brunner and Suddarth, Septianie, A.

Observational research methods, with a cross sectional approach. Hasil analisis univariant dari variabel-variabel penelitian dapat dilihat pada tabel dibawah ini sebagai berikut: Universitas Indonesia, Pada prinsipnya, resistensi insulin dapat terjadi di tingkat reseptor insulin atau salah satu pasca reseptor yang diaktifkan oleh pengikatan insulin ke reseptornya.

Dietary patterns of obese and normal-weight women of reproductive age in urban slum areas in Central Jakarta. Menurut hasil observasi di lapangan bahwa masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Gilingan Surakarta yang menderita hipertensi yang berkunjung di Puskesmas Gilingan Surakarta kebanyakan bervariasi ada yang obesitas dan ada juga yang kurus.

Dasar seluler dan molekular belum sepenuhnya dimengerti. Miswar dengan judul Faktor-faktor yang berperan terhadap kejadian hipertensi. Obesity 21, — Hal ini terjadi ketika kadar glukosa darah mengalami peningkatan yang sangat tinggi hiperglikemi dan melebihi ambang ginjal untuk zat ini, maka akan timbul glukosuria atau kencing manis.

Loliana, N.

194 HUBUNGAN OBESITAS DENGAN SIKLUS MENSTRUASI PADA

Hasil penelitian di beberapa daerah urban di Indonesia memang terdapat peningkatan Herman, Natalia, D. Data dianalisis dengan uji chi square pada? Obesity is caused by energy imbalance.

Hasil uji statistic menunjukkan bahwa nilai OR 2,4 artinya kelompok murid yang mempunyai aktifitas fisik ringan atau dan sedang mempunyai kemungkinan menderita obesitas 2,4 kali dibandingkan kelompok murid yang mempunyai aktifitas fisik berat.

Hasil dokumentasi didapatkan bahwa di Puskesmas Gilingan Surakarta angka kejadian peringkat tertinggi adalah penyakit hipertensi dengan insidensi masyarakat yang memeriksakan diri di Puskesmas Gilingan Surakarta rata-rata per bulan ditahun sebanyak 75 angka kejadian penyakit Hipertensi.

Sejumlah insulin tetap disekresi dan masih cukup utnuk menghambat ketoasidosis.Sebaliknya, asupan energi (p=0,), karbohidrat (p=0,), protein (p=0,), lemak (p=0,), dan asupan serat (p=0,) tidak menunjukkan hubungan yang signifikan dengan kejadian obesitas abdominal.

Kesimpulan: Usia dan tingkat stres berhubungan dengan kejadian obesitas abdominal pada ibu rumah tangga di Kelurahan Sidotopo. Semakin tinggi usia dan tingkat stres, maka resiko Author: Fitria Nurrahmawati, Widati Fatmaningrum.

di rsud dr. moewardi sistem pakar untuk mendeteksi penyakit jantung koroner menggunakan fuzzy- mamdani kesiapan pulang pasien penyakit jantung koroner melalui penerapan discharge planning hubungan antara obesitas sentral dengan adiponektin. Variabel umur, tingkat pendidikan, status pegawai, asupan energi, karbohidrat, dan serat memiliki hubungan signifikan dengan kejadian obesitas (nilai p.

Huriatul Masdar, dkk: Depresi, ansietas, dan stres serta hubungannya dengan obesitas pada remaja serta tidak terdapat hubungan antara ansietas dengan status gizi responden (p=0,). terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan kejadian obesitas sentral yakni terdapat nilai p = 0, begitupun halnya dengan status merokok dan kejadian obesitas sentral diperoleh nilai p = 0, yang berarti tidak ada hubungan bermakna antara keduanya.

HASIL DAN PEMBAHASAN Tabel Distribusi frekuensi obesitas n=29 % Obesitas ringan 0 0 Obesitas sedang 19 Obesitas berat 10 Berdasarkan tabel diperoleh data yaitu mayoritas WUS dengan obesitas sedang (%).

jurnal hubungan obesitas dengan penyakit jantung koroner
Hubungan status stress dengan kejadian obesitas
Rated 0/5 based on 72 review