Silabus gizi dan diet dalam keperawatan

MKK Program Studi: Bila sehabis olahraga anda makan maka tubuh akan menyerap seluruh kalori dari makan tersebut karena itu makanlah dua jam setelah berolahraga. Susu, yogurt dan keju. Anda perkecil lagi target yang harus dicapai dengan menargetkan berat badan anda harus turun 0,5 kg per minggu.

Jumlah dan variasi makanan yang tepat akan memberikan nutrisi yang tepat untuk pemeliharaan kesehatan tubuh dan mencapai berat badan yang ideal.

Silabus Ilmu Gizi

Tujuan Setelah perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami konsep dasar ilmu gizi, peran zat gizi pada berbagai tingkat usia, kebutuhan zat gizi pada pasien dengan berbagai gangguan sistem tubuh, dan dapat mengaplikasikan konsep dasar ilmu gizi dan ilmu diit dalam asuhan keperawatan.

Minyak zaitun mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan manusia. Namun, jika seseorang melakukan diet yang salah tanpa info diet yang benar bisa membahaykan tubuh nya sendiri.

Terdapat 3 klasifikasi dari diet, diet untuk: Terutama untuk bawang merah, karena mempunyai zat antioksidan dan antipembekuan yang dapat mengurangi penyakit jantung juga berfungsi sebagai penawar racun dalam tubuh, dan membersihkan ginjal. Ada baiknya melakukan diet dengan hal yang baik sehingga tidak dapat menimbulkan efek yang buruk.

Ganti kebiasaan ngemil dengan berolahraga. Karena putih telur mengandung protein yang tinggi dan kadar fosfor yang lebih sedikit, dan bagus untuk kesehatan ginjal, sebaliknya, kuning telur malah tidak cocok untuk penderita penyakit pada ginjal.

Dahulu kita sering mendengar selogan makan 4 sehat 5 sempurna untuk memenuhi 6 nutrisi utama tersebut diatas. Proporsi dari tiap kelompok makanan disesuaikan berdasarkan umur, jenis kelamin, dan berat badan. Diit pada gangguan sistem kardiovaskuler: Mata kuliah Keahlian: Suplemen vitamin A tidak dibutuhkan sementara asupan mineral fosfor, magnesium dan elektrolit tertentu seperti kalium dan natrium mungkin harus dikurang.

End stage renal disease merupakan gagal ginjal terminal yang akan membawa kematian jika tidak dilakukan terapi dialisis atau transplantasi ginjal.

BAB II 2.

Mengkaji konsep dan prinsip, laporan buku, makalah, tugas kelompok. Hal yang harus anda lakukan adalah membagi target tersebut lebih kecil yaitu anda harus menurunkan berat badan sebanyak 2 kg per bulan.

Pola diet diatur dengan cara menyesuaikan porsimakan sesuai dengan kebutuhan jenis makanan yang boleh atau tidak boleh dikonsumsi.

Tindakan diet bertujuan mengurangi beban kerja ginjal untuk mengekskresikan zat-zat sisa di samping memberikan cukup kalori.

Hasrat diri untuk melakukan diet ini biasanya dilakukan oleh model atau artis untuk menjaga bentuk tubuhnya. Ikbal Gentar Alam, dr Imas Damayanti, dr. Tidak ada: Diit pada gangguan sistem perkemihan: Minyak yang tidak jenuh lebih diutamakan dari pada lemak jenuh karena keadaan pembuluh darah dan aliran darah ke ginjal akan diperbaiki jika dietnya mengandung asam lemak omega 3 dan vitamin E tokoferol yang banyak terdapat dalam minyak tak jenuh ganda.

Hindari makanan yang mengandung zat aditif seperti pewarna, pengawet, dan penyedap rasa. Ilmu Gizi: Pemberian suplemen kalsium karbonat dapat dilakukan dokter bila dirasakan perlu untuk membantu mengurangi asupan fosfor namun menambah asupan kalsium.

Penyakit ginjal menyebabkan terjadinya gangguan pembuangan kelebihan zat gizi yang diperoleh dari makanan. Untuk mengetahui preskripsi diet gagal ginjal kronis. Bagi penderita gagal ginjal atau penyakit gijal lainya.

Ujian Tengah Semester:Baixe no formato DOC, PDF, TXT ou leia online no Scribd. Sinalizar por conteúdo inapropriado. Baixar. Makanan dan zat gizi dalam makanan yang berguna bagi kesehatan Zat gizi/ nutrient Zat-zat makanan yang terkandung dalam suatu bahan pangan yang dapat dimanfaatkan oleh tubuh.

Diet dapat juga bearti jumlah dan jenis makanan yang dibutuhkan dalam situasi tertentu, seperti menurunkan berat badan atau menaikkan berat badan. Ada baiknya jika melakukan diet berkonsultasi dahulu kepada dokter atau ahli gizi. Bisa juga menemukan info. · Setelah perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami konsep dasar ilmu gizi, peran zat gizi pada berbagai tingkat usia, kebutuhan zat gizi pada pasien dengan berbagai gangguan sistem tubuh, dan dapat mengaplikasikan konsep dasar ilmu gizi dan ilmu diit dalam asuhan keperawatan.

Memahami kebutuhan zat gizi pada pasien dengan berbagai gangguan sistem tubuh. 4. Mengaplikasikan konsep dasar ilmu gizi dan ilmu diet dalam asuhan keperawatan.

Garis Besar Mata Kuliah; 1. Konsep dasar ilmu gizi. 2. Peran zat gizi pada berbagai tingkat usia. 3. Kebutuhan zat gizi untuk pasien pada berbagai gangguan sistem tubuh.

4. Untuk diet sehat penderita gagal ginjal di sarankan hanya konsumsi 3 ons ikan saja dalam seharinya. Dan di sarankan ikan yang di pilih adalah salmon atau tuna, karena mengandung omega 3 yang tinggi juga dalam 3 ons salmon mengandung 50 mg sodium, mg kalium dan fosfor mg.

kaya omega 3 yang terdapat dalam salmon dapat mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga dapat melindungi .

Silabus gizi dan diet dalam keperawatan
Rated 5/5 based on 75 review